VgRpq_g7rV-cLWC4-UVTqCLBqr5xlIamRpSYIN6KUH0
  • Kontak Kami
  • Hotline : 082111118290
  • SMS : 085559000182
  • BBM : 1111182

Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

HARGA MASIH BISA DITAWAR, JANGAN RAGU HUBUNGI KAMI TANYA-TANYA GRATISSS
Beranda » Artikel Terbaru » 9 TIPS MEMPERTAHANKAN CUSTOMER

9 TIPS MEMPERTAHANKAN CUSTOMER

Diposting pada 21 August 2018 oleh nino01

Coba Anda mengingat saat akan mengunjungi sebuah cafe / resto baru bersama sahabat, keluarga atau sang idaman hati, wow tentu saja ekspetasi atau harapan kita kunjungan itu akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan, dan kita sudah tidak sabar lagi untuk segera keluar dari rumah.

Tetapi ketika kita sampai di tempat tujuan ternyata benar – benar jauh dari harapan, interior biasa – biasa saja, tempat duduk tidak nyaman, musiknya mengerikan, menu – menunya tidak jelas, ditambah lagi dengan perpaduan warna interior yang norak dan membuat kepala sakit melihatnya. arrgghhhh……tetapi yaaaa…. karena sudah berada di tempat tersebut biasanya kita berusaha meredam rasa tidak nyaman dan memaksakan diri untuk membuat suasana cerita, tibalah momen dimana kita harus berdamai dengan  sofa dan meja yang juga tidak nyaman karena merupakan bagian interior yang tidak bisa kita hindari saat mengunjungi cafe / resto. Tetapi dalam hati kita bersumpah tidak akan datang lagi ke tempat yang mengerikan itu.

Saat ini orang-orang apalagi yang berada di kota besar tidak hanya mengunjungi cafe & resto hanya untuk makan atau minum, mereka juga ingin mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan. itulah sebabnya mengapa pemilik cafe & resto yang sadar akan hal ini tidak berhenti untuk mendesain interior mereka agar indah dan nyaman untuk menarik pengunjung yang datang dan mempertahankan customer mereka tetap menjadi pelanggan setia. desain interior yang menarik, nyaman dan unik bisa menjadi nilai jual utama yang membedakan cafe / resto Anda dengan pesaing. tentu saja ada faktor lain yang harus dipikirkan dengan detail dan matang, yaitu masalah manajemen, karena riset membuktikan 60% restoran gagal di tahun pertama karena kurangnya persiapan manajemen sedangkan suasana interior tetap memainkan peran besar di dalamnya.

BERIKUT 9 TIPS YANG AKAN MEMBANTU ANDA MENARIK DAN MEMPERTAHANKAN CUSTOMER :

1. LOKASI

Lokasi adalah hal yang sangat penting untuk menentukan segmen pengunjung yang akan anda targetkan. Anda tidak bisa sembarang melakukan percobaan untuk hal ini, dengan alasan nanti setelah sudah ramai barulah spekulasi untuk sewa tempat yang strategis, misalnya Anda memiliki lahan kosong di dekat tempat Anda tinggal sedangkan Anda tau disekitar tempat itu masih sepi, karena tidak perlu memikirkan biaya sewa lahan Anda membangun restoran berkonsep vintage yang sedang diminati dengan harapan akan ramai seperti cafe yang sudah Anda kunjungi. hal ini tentu saja akan membuat Anda harus ekstra keras untuk mengoptimalkan promosi atau hal lainnya agar orang mau datang ke tempat Anda. tetapi ini tentu saja akan menjadi pekerjaan membuang banyak waktu sedangkan Anda bisa lebih efisien dan efektif daripada itu.

Apabila Anda sudah sadar bahwa cafe / resto harus berada ditempat strategis sesuai segmen pasar yang dibidik dan Anda mencoba untuk bersaing di lokasi dengan lalu lintas atau pemukiman yang ramai, usahakan jangan pilih tempat yang sudah terlalu banyak restoran disana, karena basis pelanggan akan berkurang. Bukalah di lokasi dengan tingkat keramaian yang tinggi dan persaingan yang rendah. Tetapi bila memiliki cukup modal cobalah membuka di dalam mall, karena disitu Anda pasti menemukan basis pelanggan yang diinginkan.

2. EKSTERIOR

Bagian luar cafe harus menarik dan memiliki kekuatan “stoping power”. apa itu stoping power ? ini adalah kekuatan visual yang mampu membuat orang yang melihatnya merasa penasaran dan berusaha untuk memperhatikan meskipun hanya dalam hitungan detik. Jika Anda ingin berhemat dalam hal ini, bisa dilakukan dengan cara  memperlihatkan interior cafe / resto Anda agar dapat terlihat dari luar. Anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan jendela yang tinggi sehingga tampilan interior atau makanan yang menggugah selera dapat membuat orang penasaran untuk masuk ke dalamnya. untuk logo atau spanduk usahakan berinvestasi dengan desain dan bahan yang mewah karena merupakan faktor penting bagi anda agar dikenal oleh orang lain.

3. PENCAHAYAAN

desain pencahayaan memiliki faktor penting yang juga harus diperhatikan, karena cahaya adalah bagian yang berfungsi untuk menampilkan keseluruhan desain interior saat di lihat oleh mata. banyak yang meremehkan bagian ini sehingga kadang terlalu terang atau terlalu gelap dan bahkan ada yang terlalu meriah dengan tambahan lampu berwarna-warni tetapi tidak konsisten dengan konsep yang diinginkan atau tidak jarang juga pemilik cafe & resto tidak memahami atau hanya asal – asalan sesuai keinginan. perpaduan cahaya dengan pilihan warna untuk perabotan seperti sofa, meja, dinding dan lantai akan mempengaruhi pandangan mata, jangan sampai membuat pengunjung anda tidak nyaman hanya karena kesalahan yang satu ini. Selain masalah persepsi penglihatan mata, pencahayaan juga dapat mempengaruhi emosi, perilaku dan selera makan customer.

Type sinar pencahayaan bisa dibedakan dengan ” warm light” ( menghasilkan warna merah, orange atau kuning ) dan “cool light” ( menghasilkan warna putih kebiru-biruan ). Perpaduan cahaya dan warna perabotan yang terkonsep bisa kita lihat dalam restoran cepat saji KFC yang didominasi dengan warna merah. warna merah tepat diaplikasikan pada interior restoran cepat saji karena membuat orang bergairah dan bersemangat sehingga mampu meningkatkan selera makan pengunjung. dan coba perhatikan pada bagian counter pembelian, warna merah dikombinasikan dengan pencahayaan “warm light”, bantuan cahaya inilah yang dapat menggugah selera. restoran dengan merek terkenal di dunia ini tentu saja tidak asal – asalan atau kebetulan dalam mengkonsepkan interior mereka, dan hasilnya mereka mendapatkan basis konsumen bukan hanya di wilayah mereka berasal, tetapi di seluruh benua.

Berbeda halnya dengan restoran dengan konsep agar pengunjung nyaman, intim dan betah untuk berlama – lama dalam cafe / resto Anda, tentu saja Anda tidak bisa meniru dengan apa yang dilakukan oleh KFC, karena mereka menggunakan konsep cepat saji yang tentu saja interior yang ada dibuat tetap nyaman tetapi lebih mengutamakan semangat mengguggah selera makan agar pergantian pengunjung lebih cepat terjadi. Tetapi pada restoran yang menginginkan pelanggannya bisa nyaman dan berlama-lama pencahayaan dengan warna orange atau kuning bisa diaplikasikan karena warna tersebut menimbulkan efek hangat dan nyaman. hal ini bisa kita lihat pada cafe / resto dengan pencahayaan yang biasa kita sebut remang – remang. Cafe / resto dengan cahaya remang – remang digandrungi oleh anak muda saat ini untuk nongkrong bersama sahabat, keluarga dan tidak jarang juga digunakan sebagai tempat pertemuan dengan klien tergantung dari konsep interior yang ada dalam cafe / resto remang-remang tersebut. selain warna cahaya tentu saja bentuk dan penataan lampu juga ikut mempengaruhi kesan dari interior yang ingin Anda tampilkan kepada pengunjung. jangan ragu untuk serius memikirkan dan menginvestasikan hal ini agar pengunjung memiliki kesan tersendiri dalam hati mereka.

4. WARNA DAN MATERIAL PERABOTAN

Spesifikasi bahan-bahan yang digunakan dengan pilihan warna yang tepat akan mempengaruhi tampilan visual cafe/resto Anda. tidak jarang pemilik cafe ingin menggunakan bahan-bahan perabotan dengan kualitas yang bagus tetapi salah dalam pemilihan warna. ini sangat disayangkan karena warna lah yang langsung tertangkap oleh mata pengunjung sedangkan kualitas bahan membutuhkan waktu untuk bisa merasakannya. keduanya harus seimbang, karena kualitas barang yang bagus bisa kita rasakan dalam waktu yang lama sedangkan warna kita rasakan disaat itu juga. pemilihan warna dan bahan yang tidak tepat akan membosankan dan tidak menarik bagi pengunjung, saat ini cafe – cafe dengan konsep tempat meminum kopi biasanya menggunakan warna gelap dan bersahaja tetapi tentu saja itu bukanlah konsep baku yang universal, dalam konteks bahan, warna dan gaya cafe & resto kita bisa membaginya menjadi empat kategori, yaitu :

  1. Cafe ” grab and go “. Konsep cafe seperti ini bisa Anda lihat di starbucks, daya tarik konsep ini adalah mereka menawarkan sajian mereka kepada orang-orang dalam perjalanan atau sedang sibuk menunggu. penataan lokasi tempat duduk cenderung lebih kecil dan sirkulasi orang berjalan dibuat leluasa. sedangkan pada bagian plafon dan lantai biasanya menggunakan material dengan bentuk kontemporer untuk memperkuat kesan modern.
  2. Cafe ” hangout. Cafe dengan konsep hangout memiliki desain sedikit mewah dengan suasana keseluruhan santai dan nyaman. tata letak tempat duduk cafe ini cenderung besar dan luas karena biasanya pengunjung yang datang beramai – ramai. warna yang dipilih biasanya adalah warna yang cerah dan hidup untuk menimbulkan kesan ramah. dan untuk bagian atap didesain tidak terlalu ramai dengan penataan pencahayaan minimalis.
  3. Cafe ” coorporate “.  Cafe tema perusahaan biasanya ditujukan untuk pengunjung yang membutuhkan tempat pertemuan dengan klien atau ngobrol hal yang serius dengan teman / keluarga. cafe dengan konsep seperti ini banyak berkembang di kota-kota besar dengan desain interior yang unik dan penuh petualangan agar pengunjung terkesan. desain yang dipilih mulai dari gaya retro, bohemian, kesan usang vintage dll. cafe ini mencakup semua jenis tema dengan kesan keseluruhan sangat bergaya namun tetap sederhana. hal yang membedakan konsep perusahaan dengan yang lain adalah konsep ini menyentuh seluruh bagian interior mulai lantai, dinding, atap, perabotan dengan gaya elegan dan pelayanan pramusaji dilakukan dengan profesional.
  4. Cafe ” old style “. Cafe konsep gaya lama ini juga sedang marak digunakan, cafe ini memiliki pesona antik bergaya natural tanpa sentuhan modern atau kontemporer. pencahayaan konsep ini hangat dan biasanya menggunakan warna kuning atau orange. material menggunakan bahan-bahan bersteksur dengan warna gelap yang eksklusif, contoh desain yang diaplikasikan misalnya rak buku yang tinggi, dinding bata, dan lampu-lampu yang sederhana.

5. MERANGSANG NAFSU MAKAN PENGUNJUNG MELALUI INTERIOR

Fokus utama dari semua restoran adalah untuk merangsang nafsu makan pengunjung dengan cara yang halus. biasanya pelaku bisnis cafe & resto fokus pada penataan makanan dan desain cetak menu yang mereka sajikan. Sedangkan selain hal tersebut interior adalah bagian yang memiliki peranan penting untuk melakukan pekerjaan tersebut. para ahli telah membuktikan dalam keterkaitannya dengan psikologi warna bahwa warna-warna yang dikombinasikan dengan suasana emas tanpa sadar dapat merangsang nafsu makan. itulah sebabnya mengapa sebagian besar restoran terkenal dirancang menggunakan perpaduan warna merah, kuning, coklat dan emas. Anda bisa membuktikan hal ini dengan melihat mengapa KFC dan McDonalds menggunakan kombinasi warna merah dan kuning pada seluruh entitas perusahaan mereka.

Meskipun fenomena psikologi warna tersebut terbukti sangat efektif untuk diterapkan, tetapi tentu saja tidak akan cocok bagi Anda yang menggunakan konsep interior agar pengunjung betah dan nyaman. Karena kombinasi warna tersebut dilakukan oleh restoran cepat saji dengan konsep keseluruhan mulai tempat duduk, pencahayaan dan lainnya agar secara tidak sadar membuat pengunjung melakukan kegiatan makan dan ngobrol dengan cepat. Tetapi untuk menggugah selera agar bisnis Anda juga sukses, psikologi warna tersebut bisa diterapkan dengan halus di beberapa bagian, misal nya sofa, meja atau dinding.

6. MENERAPKAN ANALOGI GASTRONOMI PADA INTERIOR

gastronomi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kenikmatan dari makanan dan minuman. coba Anda bayangkan apa yang bisa diambil dari ide ini ? tentu Anda penasaran tentang ide yang satu ini. Anda tentu sering atau pernah melihat sebuah cafe / resto yang mendesain dinding mereka dengan pigora besar dengan foto-foto makanan di dalamnya. kira-kira apa tujuan dari pemilik resto tersebut melakukan hal itu, tentu saja bukan hanya memperlihatkan menu yang mereka miliki, tetapi tujuan utama adalah menggugah selera pengunjung. Selain mengambil analogi penggugah selera dari makanan dengan menampilkan gambar makanan atau minuman Anda bisa melakukannya dengan lebih berani agar analogi gastronomi lebih terasa dibenak pengunjung, misalnya dinding interior dengan desain lumeran coklat, cipratan minuman segar dengan lukisan mural tiga dimensi, lampu berbentuk gelas, perabotan berbentuk makanan dan lain lain. Lakukan yang sesuai dengan konsep Anda dan usahakan hal ini tidak terlihat norak tetapi begitu menggugah selera makan dan minum.

7.  FUNGSI DAN TATA LETAK HARUS SEIMBANG

tata letak adalah aspek terpenting dalam interior cafe & resto. Anda bisa memilih gaya sofa, kursi dan meja yang sederhana atau yang terlihat mewah, tergantung dari konsep cafe / resto Anda. Tetapi harus diperhatikan keseimbangan antara fungsi, estetika dan tata letak, karena hal inilah yang memiliki peranan besar untuk menciptakan suasana interior cafe / resto Anda. Pemilihan perabotan yang terlalu besar dalam ruangan kecil misalnya maka akan mempengaruhi estetika dan mengganggu ruang gerak pengunjung atau pramusaji, maka pikirkan dengan serius sebelum menentukan fungsi dari perabotan agar sesuai dengan estetika interior dan pas dalam ruangan.

8. STIMULASI PENDENGARAN DENGAN MUSIK YANG MENGGUGAH SELERA

Selain harus teliti dalam menentukan konsep interior, musik adalah salah satu kunci yang dapat Anda manfaatkan untuk menggugah selera pengunjung. dengan pemilihan musik yang tepat untuk melengkapi suasana interior pengunjung akan memiliki kesan sendiri dan mereka pasti ingin kembali atau berbicara hal-hal yang baik tentang interior cafe / resto Anda. Desain interior cafe adalah kombinasi dari beberapa aspek visual termasuk warna, bahan, tema, tata letak, pencahayaan, fungsi dan termasuk suara untuk membentuk ruang yang indah dan nyaman bagi pengunjung.

9. PELAYANAN DAN PROMOSI

tips kesembilan adalah faktor penting yang juga harus diperhatikan selain beberapa ide yang bisa diterapkan di atas. dalam hal pelayanan apakah Anda pernah memikirkan kenapa mobil-mobil mewah menggunakan wanita-wanita cantik, yaaa karena hal itu sangat efektif meningkatkan penjualan, jadi apakah Anda akan memilih pelayan asal-asalan setelah membaca artikel ini atau pelayan yang humble dan menarik ?!.

yang kedua adalah promosi, di zaman yang serba cepat saat ini bahkan ada yang mengatakan kecepatan menjadi nilai mata uang tersendiri, kita harus memanfaatkan teknologi untuk memasarkan cafe / resto yang kita miliki. kita bisa memanfaatkan media massa berbayar, media sosial, portal berita, hingga kerjasama dengan gojek untuk mengenalkan cafe / resto kita agar diketahui oleh banyak orang. Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk melakukan promosi, jangan hanya terpaku pada lokasi yang strategis lalu kita hanya berdiam diri menunggu, karena saat ini kita dipermudah untuk melakukan segala hal hanya dengan sebuah handphone dan internet, selalu lakukan promosi secara berkala dengan pola pikir cerdas yang tepat sasaran ( low budget high impact ).

 

Selalu semangat, semoga kita semua sukses dan sehat agar tetap bersyukur atas semua nikmat yang diberikan oleh Tuhan YME 😀 ,  salam sukses

 

Bagikan informasi tentang 9 TIPS MEMPERTAHANKAN CUSTOMER kepada teman atau kerabat Anda.

9 TIPS MEMPERTAHANKAN CUSTOMER | jual sofa cafe & resto

Belum ada komentar untuk 9 TIPS MEMPERTAHANKAN CUSTOMER

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 37%
Rp 2.200.000 Rp 3.500.000
Ready Stock / BC - S - 03
OFF 40%
Rp 1.500.000 Rp 2.500.000
Ready Stock / SCS - 27
OFF 47%
Rp 950.000 Rp 1.800.000
Ready Stock / PF - S - 03
SIDEBAR